Rabu, 24 Maret 2010

BAB II

PEMBAHASAN

A. SISTEM INFORMASI.

Sistem Informasi, istilah yang sudah tidak asing lagi di telinga, memiliki banyak pengertian dan definisi. Beberapa definisi mengenai sistem informasi terlihat di tabel berikut :

Menurut

Definisi / Pengertian

Alter

Kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang & teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapain tujuan suatu organisasi.

Bodnar & Hopwood

Kumpulan HW & SW yang dirancang untuk mentransformasikan data ke dalam bentuk informasi yang berguna.

Budi Sutedjo

Kumpulan elemen yang saling berhubungan satu sama lain yang membentuk satu kesatuan untuk mengintegrasikan data, memproses, menyimpan, dan mendistribusikan informasi.

Komponen-komponen Sistem Informasi adalah :

1. Hardware (perangkat keras),

2. Software (perangkat lunak),

3. Prosedur : sekumpulan aturan yang dipakai untuk mewujudkan pemrosesan data untuk menghasilkan output,

4. Basisdata : suatu pengorganisasian sekumpulan data yang saling terkait sehingga memudahkan proses pencarian informasi,

5. Jaringan komputer dan komunikasi data,

6. Brainware.

Sistem informasi memiliki banyak peranan dalam suatu organisasi/institusi/perusahaan diantaranya adalah : turut serta dalam pelaksanaan tugas rutin; mengaitkan perencanaan,pengerjaan, dan pengendalian dalam sistem; mengkoordinasikan subsistem-subsistem; dan mengintegrasikan subsistem-subsistem yang ada. Selain memiliki banyak peranan, sistem informasi memiliki banyak kemampuan juga, dimana dengan kemampuan yang dimiliki diharpakn dapat meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya-biaya tertentu, meningkatkan servis terhadap konsumen, dan yang tidak kalah pentingnya adalah adanya peningkatan dalam pengambilan keputusan.

Kemampuan yang dimiliki oleh sistem informasi, antara lain :

1. Melaksanakan komputasi numerik, bervolume besar dengan kecepatan tinggi,

2. Menyimpan informasi dalam jumlah besar ke dalam ruang yang kecil dan mudah diakses,

3. Menyajikan informasi dengan jelas,

4. Meng-otomatisasi proses-proses yang manual,

5. Menyediakan komunikasi dalam dan antar organisasi yang murah, akurat, dan cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar